Siapkan Dana 1.7 Milyar, BAZNAS Siak dirikan Pusat Peternakan di Riau.

Menindak lanjuti pertemuan dan kunjungan verifikasi yang dilakukan oleh BAZNAS RI melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) pada Rabu lalu (10/3) yang juga berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Siak, membahas mengenai Program Balai Ternak Baznas membicarakan mengenai kondisi geografis daerah dan jenis hewan yang cocok untuk dikembang biakkan di Kabupaten Siak.

Setelah berdiskusi kemudian ditentukan hewan ternak yang cocok adalah kambing dan sapi. Program ini memiliki tujuan untuk membangun sentra ternak di Riau serta membangun ekonomi para mustahik kaum duafa di Kabupaten Siak.

Program central ternak ini adalah hasil sharing dana BAZNAS Kab Siak, BAZNAS Provinsi Riau dan LPPM BAZNAS.

“maka dari itu Baznas Kabupaten Siak mengharapkan agar program ini dapat berjalan lancar sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat terutama masyarakat dari golongan yang tidak mampu” ujar Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid.

Program tersebut langsung mendapat respon positif dan akan segera dilaksanakan pada awal April mendatang. Tak tanggung-tanggung dana yang disiapkan mencapai 1. 7 Milyar. dana tersebut bersumber dari LPPM BAZNAS RI, BAZNAS Kabupaten Siak, dan BAZNAS Provinsi Riau.

Dalam program ini dipilih 3 wilayah kecamatan yaitu kecataman Dayun, Lubuk Dalam, dan Kecamatan Kerinci Kanan. Kecamatan Dayun akan difokuskan untuk pengembang biakan hewan ternak kambing, sedangkan Kecamatan Lubuk Dalam dan Kerinci Kanan akan difokuskan untuk pengembang biakan hewan ternak Sapi Bali.

Program pengembang biakan ternak ini memadukan konsep pembibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat lokal. Konsep pemberdayaan meliputi pendampingan yang diawasi langsung oleh Balai Ternak BAZNAS RI. Model yang diterapkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan aset produktif berupa hewan ternak untuk dikelola dan dikembangan secara berkelanjutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ZAKAT

  1. Bank syariah Mandiri (28-000000-28)
  2. Bank Riau Kepri Syariah (820 2158 002)
  3. Bank Riau Kepri (116 2004 155)
  4. BRI (3386 0101 5380 533)

Infaq Dan Shadaqah

  1. Bank Syariah Mandiri (25 000000 26)
×

Hello!

Klik Untuk Memulai Percakapan !

× Butuh Bantuan ?